Pelaksanaan Pekerjaan P3-TGAI Di Desa Ciherang Di Duga Marup, Pembangunan Memakai Limbah Batu Bara

Print Friendly and PDF



Pandeglang,-- Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau-Ciujung-Cidurian Provinsi Banten tahun anggaran 2023. Diduga adanya penyimpangan dri bahan material yang di laksanakan di Desa Ciherang Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang provinsi Banten. 09/8/23.

Hasil dari pantauan,  " awak media yang turun kelokasi bahwa pekerjaan P3-TGAI yang di kerjakan di desa Ciherang kecamatan cisata kabupaten Pandeglang. Tidak sesuai sepek, perencanaan pembangunan.

Kami menduga kuat, pengerjaan proyek tersebut bahan material pasirnya memakai limbah abu batu bara. Kami menilai dengan Pekerjan ini sudah tidak mengacu dalam RAB yang sudah di tetapkan sesuai perencanaan pembngunan, Apalagi program p3,A tidak adanya papan informasi proyek, 

" Umaedi selaku Ketua LIN, (lembaga Investigasi Negara) DPC Pandeglang menyikapi prihhal, pembngunan p3,A tidak di dasari dengan perencanaan yang matang, bisa juga di sebut lalai dalam kepengawasan. " Ungkap Humadei kepada media.

Setelah kami menghubungi via telf WhatsApp kepada saudara (AC) yang di sinyalir selaku koordinator aspirasi dalam program p3,A ia mengatakan kami sudah sempat turun ke lapangan dan sudah melarang atau menegur, menggunakan limbah batu bara tersebut, " Ucap AC.

Lanjut, " umaedi mengatakan, " jelas ini sudah sangat melanggar sedangkan dalam pembangunan sudah di rencanakan sesuai progres yang matang, juga ada sosilisai antar kelompok jangan sampai pembangunan program p3,A menjadi ajang bisnis, serta pengurangan spek dari bahan material yang dipakai, itu sama saja sudah merugikan uang angaran belanja negara.

Bilamana dalam pengerjaan pembngunan pemerintah sudah mengurangi dalam pembelanjaan pembngunan,  itu sudah menjadi marup, dalam tata kelola yang tidak bersih menjadikan ajang yang sangat menguntungkan kan untuk kebutuhan pribadi.

Apa, pungsi tata kelola desa ketika ada kegitan progam, melaui provinsi atau juga kabupaten.

" Setiap desa harus bisa mengawal dan mengawasi kegiatan sesuai ketentuan yang menyangkut administrasi  dalam tata kelola kepemerintahan.

Tak haya itu, kegiatan yang sudah dianggarkan dalam anggaran belanja pemerintah harus benar-benar dilaksanakan sesuai perundang undangan yang berlaku, jangan samapi anggaran pembangunan menyimpang untuk berjamah.

Kami selaku control sosial, akan terus mengawal pembangunan kelompok P3-TGAI yang sedang berjalan di beberapa titik, termasuk di Desa Ciherng dalam pelaksanaannya bukan di kerjakan oleh kelompok tani,  tapi ada oknum perangkat Desa yang berperan dalam pembangunan tersebut,  kami menduga program p3,A di Desa Ciherang adanyah Oknum yang ingin meraup keuntungan pribadi dalam program ini.

Saya menghimbau dan berharap kepada pihak Dinas Dinas terkait turun langsung kelapangan Lidik bila benar-benar terjadi penyimpangan agar di tindak tegas sesuai aturan dan mekanisme yang mengacu dalam pelaksanan konsultan dan pengawas,  yang seharusnya ada di tempat pekerjaan apa saja kerjanya apa ada kolaborasi persaingan yang tidak sehat dalam program p3,A di desa Ciherang. " Tegas Humadei.

Autor; Raeynold.



0 Komentar untuk "Pelaksanaan Pekerjaan P3-TGAI Di Desa Ciherang Di Duga Marup, Pembangunan Memakai Limbah Batu Bara "

Back To Top