Gedung Eks Kwadanaan Labuan Direnovasi, Warga Minta Gambar Dipampang Dan Libatkan Pekerja Lokal

Print Friendly and PDF




Pandeglang:

Gedung cagar budaya eks Kwadanaan Labuan sudah mulai direnovasi dengan anggaran Rp. 684.026.9768,- termasuk pajak, yang bersumber anggaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten Tahun 2024 dan dikerjakan oleh CV. Herlangga selaku perusahaan pelaksana.

Kegiatan Revitalisasi cagar budaya tempat pertemuan yang berlokasi di area RSUD Labuan tersebut sempat memancing reaksi masyarakat, terutama warga setempat yang berdomisili di Kampung Sawah Barat Desa Labuan Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang, salah satunya Amir, yang menanyakan desain gambar yang akan dikerjakan.


"karena kita ingin tau seperti apa bentuk dan jenis matrial nya tentunya itu ada disketsa gambar dan biasanya dipampang atau setidaknya pekerja lapangan atu mandor memegang gambar tersebut untuk acuan kerja, karena itu penting apa lagi gedung eks kwacadanaan ini gedung bersejarah cagar budaya Labuan masyarakat Labuan jelas menyorotinya" ungkap Amir kepada awak media, Selasa (9/7/2024).


"Tetapi, mudah-mudahan tidak keluar dari hasil musyawarah yang disepakati saat itu, desain, bentuk, bahan materialnya dan juga kita meminta agar ada tempat wudhu nya, agar bisa dipakai sarana ibadah juga atau shalat" terangnya.

Selaku warga setempat, ia juga meminta agar tenaga kerja melibatkan masyarakat setempat.


"Ya tadinya warga mau berbondong bondong datang ke lokasi untuk menanyakan pekerjaan, saya stop agar diwakilkan saja untuk berdiskusi dengan pihak pelaksana, dan saya mohon meminta tolong kepada pelaksana agar warga setempat dilibatkan untuk tenaga kerja, karena menurut saya itu penting dan warga lokal juga sama ingin mencari nafkah" ujar Amir.


Adanya informasi tersebut, wartawan mengkonfirmasi pekerja, "saya hanya dikasih keterangan saja tidak dikasih gambar, tapi itu nanti kita sampaikan ka ke yang memerintahkan saya karena saya cuma pekerja" jawab Erik selaku mandor saat ditanya soal sketsa desain gambar.


Saat ditanya soal pekerja agar bisa melibatkan tenaga kerja dari warga setempat, Erik akan mendiskusikan hal tersebut bersama pimpinannya.


"Kalo soal pekerja atau tenaga kerja saya tidak bisa memutuskan, paling saya harus berdiskusi dulu dengan pimpinan saya dan nanti hasilnya saya kabarkan" jelasnya.


Selanjutnya, Amir yang berada dilokasi sempat berpesan agar pihak pelaksana lebih intens dengan perangkat kampung setempat untuk membahas kelanjutannya.


"Ya warga meminta pelaksana pekerjaan membangun komunikasi dengan perangkat kampung yang dipimpin oleh ketua RW setempat, jangan kepada yang lain dan saya minta jika ada kelompok yang menjual-jual atas nama warga itu kalau bisa abaikan dan tegaskan karena berkaitan dengan warga itu ada RT dan RW bukan nama kelompok, lembaga, organisasi atau group" tegasnya.

Author: Mul

0 Komentar untuk "Gedung Eks Kwadanaan Labuan Direnovasi, Warga Minta Gambar Dipampang Dan Libatkan Pekerja Lokal"

Back To Top