Dirgahayu di kab Toba diramaikan dengan olahraga tradisional

Print Friendly and PDF



TOBA:

Bupati Toba,melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba, Rusti Hutapea mengajak masyarakat untuk bersama-sama melestarikan budaya daerah dan olahraga tradisonal.


Budaya daerah dan olahraga tradisional merupakan warisan nenek moyang kita yang sangat berharga dan mengandung banyak makna yang harus kita wariskan sampai anak cucu, yakni kerjasama dan gotong royong.


Demikian halnya dalam kehidupan kita ditengah tengah masyarakat, makna gotong royong dan kebersamaan harus kita implementasikan dalam mewujudkan tumbuhnya  keharmonisan dan kerukunan.


Hal ini disampaikan Rusti Hutapea, usai membuka Pekan Kebudayaan Daerah tahun 2024 tingkat kab Toba yang berlangsung di Lapangan Kompi Senapan A Simbisa Balige, Kamis (15/8/2024).


Pekan Kebudayaan Daerah di Toba kita laksanakan setiap tahun dengan memilih beberapa cabang olahraga tradisional yang ada di kab Toba, dan akan  dipertandingkan secara bergantian setiap tahunya Selamat bertanding dan junjung tinggi sportifitas. Juara bukan menjadi tujuan utama, namun tujuan yang paling utama adalah menjalin persaudaraan dan rasa gotong royong yang tetap berjalan baik.

Kegiatan ini juga untuk memeriahkan HUT RI Ke-79 tahun 2024. Dirgahayu HUT RI Ke-79, merdekaaa, pungkas Rusti Hutapea.


Sebelumnya, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Toba Patar Silalahi, menguraikan rangkaian kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah tahun 2024 di Toba 


Tahun ini terdapat dua nomor olahraga tradisional yang dipertandingkan yakni Margala (Marhadang) Antar Pelajar SMP Kelas Putra/Putri yang diikuti Kecamatan Balige dan Tampahan.


Berikutnya, olahraga tradisional Engrang (Marjalengkat). Nomor ini dipertandingkan bagi pelajar SMP Putra/Putri Se-Kabupaten Toba, terang Patar.

Dia menambahkan, kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah 2024 bersinergi dengan Komite Permainan Rakyat Dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Toba, imbuh Patar Silalahi.


Ketua KPOTI Toba Arief Sitorus, mengapresiasi Pemkab Toba Melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan atas upaya pelestarian permainan rakyat dan olahraga tradisional.


Menurut Arief, UU No 5 tahun 2017 tentang Objek Pemajuan Kebudayan upaya, mengamanatkan bahwa  pemerintah melalui Perangkat Daerah, BUMN, BUMD bahkan pihak perseorangan agar bersinergi melakukan pelestarian budaya dan olahraga tradisional. Sinergitas dan kolaborasi  bersama sangat kita harapkan berjalan lebih baik kedepannya, kata Arief.


Setelah pertandingan selesai sore harinya langsung di lakukan penyerahan hadiah dan piala kepada para juara lomba,/BT

0 Komentar untuk "Dirgahayu di kab Toba diramaikan dengan olahraga tradisional"

Back To Top