Disinyalir Penggunaan Dana BOP PAUD Kasih Bunda Desa Kadu Badak Dipertanyakan.

Print Friendly and PDF



Pandeglang-Banten:

Desa Kadu Badak, Kecamatan Angsana kabupaten Pandeglang provinsi Banten,Penggunaan Dana BOP di PAUD Kasih Bunda, Desa Kadu Badak, Kecamatan Angsana, tengah menjadi sorotan warga.


Pasalnya", penggunaan dana tersebut disinyalir tidak transparan dan tidak jelas peruntukannya.Menurut informasi yang dihimpun, Dana BOP yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan operasional pendidikan, seperti pembelian alat tulis, peningkatan fasilitas belajar, dan kesejahteraan guru,Diduga kuat tidak digunakan sesuai dengan ketentuan.


 Beberapa warga menyatakan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan keuangan yang diberikan oleh pihak PAUD kepada orang tua siswa maupun tenaga pengajar yang notabene masih berstatus  guru sukwan.

"Sampai sekarang, kami tidak tahu dana tersebut digunakan untuk apa saja. Fasilitas di PAUD juga tidak mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan kami tenaga pengajar juga yang pencairan dana BOP tahap ini tidak diberi honor seperak pun dengan alasan untuk perehaban atap gedung", ujar salah satu tenaga pengajar yang tidak ingin disebutkan namanya.


Dan masih pengakuan para guru yang tak mau disebutkan identitasnya memberikan informasi ke awak media."Sudah beberapa kali turun dana BOP tapi rincian pengeluaran tidak disampaikan kepada dewan guru.termin pertama hanya diberi amplop tanpa musyawarah.termin yang ini lebih parah.ga ada sama sekali.katanya uangnya mau dipakai buat rehab atap bangunan dengan nada bingung sendiri seolah-olah tak mengerti kenapa bisa seperti itu.


Selain itu, sejumlah orang tua siswa juga mengeluhkan kurangnya transparansi dari pihak pengelola PAUD, baik dari kepala sekolah yang berinisial (S) maupun dari bendahara BOP yang berinisial (EK). Mereka mengharapkan adanya kejelasan dan laporan penggunaan dana yang rutin disampaikan agar masyarakat dapat memantau dan memastikan bahwa dana tersebut digunakan dengan benar.

Ketua PAUD Kasih Bunda, ketika dimintai konfirmasi, menyatakan bahwa seluruh dana BOP sudah digunakan sesuai peraturan yang berlaku. Namun, ketika diminta untuk menunjukkan rincian penggunaan dana, pihaknya belum bisa memberikan dokumen yang diminta.

Masyarakat berharap agar pihak dinas terkait segera menindaklanjuti permasalahan ini dan memberikan solusi agar penggunaan Dana BOP dapat diawasi dengan lebih ketat di masa depan.


Sedangkan (EK) waktu di konfirmasi oleh awak media via pesan WhatsApp pada-kamis-15-08-2024  mengatakan."Mohon maaf bang,namanya juga informasi selalu simpang siur kita gunakan anggaran sesuai ARKAS.tidak ada yang harus saya Klarifikasi singkatnya dalam pesan WhatsApp.


Sampai berita ini diterbitkan pihak Dinas terkait belum bisa ditemui untuk diminta keterangannya.

Autor: Raeynold.

0 Komentar untuk " Disinyalir Penggunaan Dana BOP PAUD Kasih Bunda Desa Kadu Badak Dipertanyakan."

Back To Top