Rangkaian kegiatan HUT RI ke 79, LPSPL Serang bersih-bersih pantai, tanam mangrove dan terumbu karang.

Print Friendly and PDF



Pandeglang:

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 79, Loka Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (LPSPL) Serang menyelenggarakan rangkaian kegiatan diantaranya  transplantasi karang, penanaman mangrove, dan bersih - bersih pantai.

Hal itu dikatakan oleh Santoso Budi Widiarto saat dikonfirmasi Wartawan, selaku Kepala LPSPL Serang.


"Kegiatan tersebut melibatkan 100 orang peserta yang terdiri dari LPSPL Serang, BPKIL Serang, Satwas SDKP Pandeglang, Universitas Lampung, Institut Teknologi Sumatera, Kelompok Konservasi Alam Bawah Laut Sukarame, SMKN 3 Pandeglang, dan SMPN 3 Carita. Selain itu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) LPSPL Serang juga turut hadir memeriahkan kegiatan" kata Santoso Budi Widiarto kepada Wartawan, Senin (19/8/2024).


Kegiatan yang diselenggarakan di pantai sekitar kantor LPSPL Serang  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya menjaga pesisir dan laut kepada masyarakat sekitar.


"Semoga dengan adanya rangkaian kegiatan tersebut akan menyemangati kita semua untuk melindungi, menjaga pesisir dan laut Indonesia" ucap Santoso Budi.


Selaku kepala LPSPL, Lanjut Santoso Budi, jenis kegiatan yang dilakukan.


 "kita tanam 50 bibit karang jenis 'Acropora sp' telah ditransplantasi dan 120 bibit mangrove jenis 'Rhizopora sp' yang telah ditanam. Selain itu, giat bersih pantai dilakukan dengan memilah sampah berdasarkan kategori kemudian dilakukan penimbangan dan pencatatan" terangnya.


Masih dengan Santoso Budi, yang juga menjelaskan bahwa kegiatan dilakukan bersifat partisipatif yang berarti melibatkan stakeholder sebagai pelaku utamanya dan menyebut

"Hal ini juga selaras dengan program prioritas Menteri Kelautan dan Perikanan yaitu Bulan Cinta Laut yang bertujuan untuk mengurangi sampah di pesisir dan laut. Total sampah yang berhasil dikumpulkan  dalam kegiatan ini mencapai 95 kg yang terdiri dari sampah plastik, kaca, organik, dan lain-lain" pungkasnya.


Mul

0 Komentar untuk "Rangkaian kegiatan HUT RI ke 79, LPSPL Serang bersih-bersih pantai, tanam mangrove dan terumbu karang."

Back To Top