Formasi Kembali Tabur 10.000 Benih Ikan di Hutagurgur I.

Print Friendly and PDF



Toba:

Sebagai wujud keseriusan Forum Martabe Sigurs (Formasi) untuk pengembangan usaha perikanan darat di Sigurs, Formasi kembali menabur 10.000 bibit ikan tawar pada hari Kamis, 26 September 2024. 6.000 ekor bibit ikan mas, 3000 ekor bibit ikan bawal dan 1.000 ekor bibit ikan lele di lahan perikanan darat Formasi seluas 1 (satu) hektar Hutagurgur I, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba.


"Penambahan bibit ikan ini adalah tindak lanjut penaburan benih ikan beberapa waktu yang lalu. Hal ini kita lakukan sebagai bentuk keseriusan Formasi dalam hal budidaya ikan tawar di wilayah Sigurs ini. Puji Tuhan, kali ini, tidak hanya Formasi saja yang memesan bibit ikan, sudah ada beberapa warga yang juga turut memesan bibit ikan untuk dipelihara di kolamnya masing-masing. Semoga usaha perikanan ini membawa kebaikan bagi banyak orang," sebut Hotpangidoan Panjaitan mengutip pernyataan 

Harapan Sibarani,   pendiri Formasi ini kepada awak media


Diketahui, Forum Martabe Sigurs (FORMASI) ini memiliki arti yang merupakan singkatan.Sigurs adalah singkatan dari Sitorang Huta Gurgur Sekitarnya yang terdiri dari 11 Desa . Martabe adalah singkatan marsipature hutana be (memperbaiki kampung masing-masing).


Sementara itu, salah satu Penasehat Formasi, Pdt. Robinson Panjaitan yang juga turut langsung melakukan penaburan benih ikan di sana, mengungkapkan bahwa usaha ini sangat potensial untuk meningkatkan pendapatan masyarakat. 


 "Usaha ini akan terus kita kembangkan. Tidak hanya budidaya ikan, termasuk pakannya akan kita coba olah di sini. Bahan baku untuk pakan, kita utamakan dari kampung kita ini. Kiranya usaha ini menjadi contoh di wilayah Sigurs" ungkap Pdt.Robinson Panjaitan.


Penasehat Formasi yang juga Pecinta Budaya dan Sastra , Tansiswo Siagian mengungkapkan pujian dan kebanggaannya akan program Formasi. Bukan untuk hanya usaha ikan ini, tetapi untuk seluruh program yang sudah dan akan dilaksanakan Formasi. 


"Saya sangat terpukau dengan system kerja dan usaha yang dikelola Formasi ini. Satu hal yang saya tangkap adalah kebersamaan dan gotong royong yang diterapkan oleh Formasi dalam setiap kegiatannya. Demikian juga halnya untuk usaha ikan air tawar ini. Sudah jarang saya lihat usaha yang dilakukan secara bersama-sama oleh beberapa orang, khususnya di desa. Majulah Formasi" kata Tansiswo Siagian  


Di Lokasi yang sama, Ketua Formasi, Pantun Siagian menyatakan bahwa keberhasilan usaha budidaya perikanan ada di tangan kita. Keseriusan dan kerja keras adalah modal utama. 


"Mimpi dan harapan kita akan terwujud bila kita lakukan dengan serius dan kerja keras. Oleh karena itu, mari seluruh masyarakat Sigurs, kita harus semakin giat bekerja. Tetap berpikir positif, jangan malas dan jangan gengsi" ucap Pantun Siagian.


Pengurus lainnya Janner Sitorus turut mengapresiasi program forum Formasi ini.

"Sekali lagi, saya sangat mengapresiasi program yang sudah dilakukan Formasi. Usaha seperti ini tentunya berdampak kepada beberapa aspek. Pertama untuk peningkatan perekonomian warga, mengurangi pengangguran, mengurangi kejahatan dan sebagainya. Saya berharap, instansi terkait memberikan perhatiannya untuk pengembangan usaha ikan Formasi ini," kata Janner Sitorus sebagai Bendahara Formasi.


Turut Hadir pada penaburan benih tersebut, pengurus dan anggota Formasi yakni Herty Marpaung, , Belman Tampubolon, Rudi Bajeston Siahaan dan Sekretaris Formasi, Masniari Herlina Panjaitan.


Doa dan kerja keras akan menghasilkan kebaikan. Setiap usaha yang telah dilakukan menjadi contoh yang baik bagi seluruh warga masyakarat. Formasi senantiasa bersedia bekerja sama dengan semua pihak, khususnya Pemerintah Kabupaten Toba,  untuk turut membangun serta berperan aktif  memberikan kontribusi positif dalam rangka menjawab tantangan ekonomi masyarakat  yang kian kompleks ke depan./BT

0 Komentar untuk "Formasi Kembali Tabur 10.000 Benih Ikan di Hutagurgur I."

Back To Top